Monday, November 18, 2013

CARA MENGATASI GUITAR RIG TIDAK BERSUARA

Tentang postingan kali ini,…mungkin udah banyak diantara temen temen yang tau ya,….n mungkin juga ini bukan masalah yang baru,…tentang apa,….???????….tentang guitar rig yang nggak bersuara
lah kalo udah banyak yang tau,..kenapa di posting lagi,…hehehe,…ternyata temen temen ane disini juga banyak yang masih beloom tau,…jadi nya ane mau share lagi di sini.
kali ini ane akan share tentang cara ngatasin guitar rig yang nggak ngeluarin suara.tapi sebelumnya,…di sini ane bukan bermaksud untuk menggurui ato sok ngajarin ya,…tapi ane cuman mau berbagi pengalaman ama temen temen yang mungkin kebetulan ngebaca postingan ane yang berantakann ini,…hehehehe,…
kembali kepokok bahasan,kenapa guitar rig nggak ngluarin suara,….mungkin itu terjadi karena beberapa hal,…n di bawah ini beberapa cara yang bisa temen temen lakukan untuk mengatasi maslah tersebut.
CEK GITAR
sbelum temen temen melakukan settingan pada sound di komputer,…..sebaiknya temen temen pastiin dulu kalo gitar beserta jack n perangkat lainnya dalam keadaan baik,..coba di periksa dulu siapa tau jacknya yang putus,…..
cara memeriksanya,….mungkin bisa menggunakan tester,atau temn temen bisa mencobanya di speaker lain dulu,…
kalo ternyata nggak ada masalah pada gitar ato jack nya,….mari kita coba untuk melakukan sedikit pengaturan pada komputer,…..
SETTING KOMPUTER
sbelumnnya,..pastiin dulu kalo komputer temen temen nggak dalam keadaan mute,….karena kalo dalam keadaan mute,,……sama aja boong,….
kalo komputernya nggak dalam keadaan mute,…n guitar rignya masih nggak bersuara,….coba lakukan langkah langkah brikut.
ane harapkan disini,….temen temen udah install guitar rig serta asio4all nya,…..klao belum punya ,..silahkan kesini,…..
- tutup guitar rig,n cabut gitar dari komputer.
- colokkan lagi guitarnya.( guitar rig nya jangan di jalankan dulu )
- klik start>ketik realtek>pilih realtek HD audio manager.
Gambar
- klik device advance setting.
Gambar
- klik sparate all input jacks,..bla bla bla,….( lihat gambar )
Gambar
- dengan memilih opsi ini,…biasanya akan muncul device baru dengan nama mic in at front panel ( black )
- klik ok.
langkah brikutnya,…….
- klik start> tulis sound> pilih sound.
Gambar
- kli pada tab recording.
Gambar
- disable semua device yang ada disana kecuali device yang baru muncul tadi ( mic in at ……….)
Gambar
- klik aply> ok.
sekarang,….sebelum temen temen menjalankan guitar rignya,……coba cek asionya terlebih dahulu.ini bertujuan supaya nggak ada program laen yang make soun device kita.
- dowble klik pada icon asio.
- lihat,ada device yang di silang ato nggak.
- kalo ada,berarti ada program laen yang make sound device temen temen,(kaya winamp,aimp,wmp,dll)
- cek n tutup program tsb terlebih dahulu.
Gambar
kalo udah nggak ada program laen yang menggunakan sound device,…..coba jalankan lagi guitar rignya,…jangan buru buru,…hehehe,…coba ikuti lagkah langkah berikut.
- cabut dulu gitarnya dari laptop / komputer.
- jalankn guitar rig.
- baru colokkkan lagi guitarnya,…
gimana,…udah ada suarannya apa beloom,….
emang agak susah sih,….tapi dari hasil pengalaman ane ,….setelah menempuh beberapa cara diatas,..ini sangat berhasil untuk mengatasi guitar rig yang nggak bersuara,….tapi walaupun pada judul postingan ini sekias di tujukan untuk guitar rig,….cara ini kayanya juga berlaku untuk temen temen yang menggunakan overloud,ato amplitube.
tapi kalo ternyata cara cara diatas masih belum berhasil,…..mungkin noise nya yang terlalu tinggi,..klik disiniuntuk cara mengurangi noise pada guitar rig.
ughh,…akhirnya,…selesai juga,….kalo masih ada dian tara temen temen yang kurang jelas,atau kurang mmahami bahasa ane yang berantakan ini….silahkan berkomentar,…n tentu nantinya ane akan membantu semampu ane,…
sekian dulu postingan ane kali ini,…semoga bermanfaat,n terimakasih buat yang udah mampir.

1 comment: